Tuesday, November 10, 2009

fight for your life

October 4th, 2008

beberapa waktu yang lalu saat pulang dari bali, di pesawat aku duduk di sebelah perempuan cantik dari uzbekistan - tapi tentu saja bukan itu yang mau saya sharingkan hehehe.

singkat cerita, setelah mendarat di jakarta mbak dari uzbek tadi mengajak saya untuk pulang naik ojek daripada naik taxi - saya bersedia dengan pemikiran bahwa ini jam pulang kantor jadi macet sedangkan saya juga mengejar kelas.

tukang ojek yang membawa saya itu sungguh luar biasa - saya tidak tahu apakah itu keberanian, kenekatan, atau gabungan antara keduanya ditambah dengan ketrampilan karena biasa dia lakukan. dia membawa saya menyelip di sana-sini kadang balik arah, meliuk ke kiri dan ke kanan, masuk jalur busway, klakson terus2an pokoknya berusaha secepat mungkin mengantarkan saya kemudian balik lagi ke tangerang (karena rumahnya di sana).

satu yang menarik bagi saya ketika itu adalah semangat si bapak demi uang 100ribu sebagai ongkos naik ojeknya. di saat tidak begitu banyak tukang ojek yang mau mengantar saya dari bandara karena memang jauh, si bapak mengambil tantangan itu - entah karena memang dorongan ekonomi, kebutuhan keluarga, atau dia melihat kesempatan itu. saya senang melihat semangat dan totalitasnya ketika mengantarkan saya - dan yang ada dalam pikiran dan perasaan saya saat itu adalah: beginilah sebuah kehidupan harus diperjuangkan. tidak masalah situasi dan kondisi yang melingkupimu hidupmu harus tetap kau perjuangkan dengan sebaik mungkin, dengan sepenuh hati mu.

terima kasih pak ojek, yang memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan ini..fight for your life and the life of people that you love (and the life of the people belong to you)…

Wisnu

No comments: