Monday, May 3, 2010

keluh kesah tentang penampilan (appearance)

seberapa penting sebenarnya faktor penampilan ini memepengaruhi dalam kehidupan sehari-hari kita?

benar bahwa ada pendapat kesan pertama menentukan semua hal di belakangnya, tapi apakah keseluruhan kesan pertama itu sangat didominasi oleh penampilan?

saat kita berteman atau bergaul dengan orang lain entah sama atau berbeda jenis apakah kita memperhatikan penampilan mereka? apakah penampilan mereka mempengaruhi kenyamanan kita?

ketika kita bekerja di kantor: dengan atasan, bawahan, atau rekan kerja kita; apakah penampilan mereka mempengaruhi respect kerja dan penilaian kita? apakah ketika mereka berpenampilan seadanya, cenderung tidak memperhatikan penampilan, itu akan mengganggu kita? apakah penampilan merupakan pertimbangan kita saat merekrut karyawan?

dalam kehidupan pribadi kita apakah kita memilih pasangan berdasar penampilan? apakah penampilan pasangan mempengaruhi perasaan cinta kita? apakah mempengaruhi gairah kita untuk bercinta? apakah kita malu jika pasangan kita tidak berpenampilan menarik seperti yang kita mau?

jawaban dari pertanyaan di atas bisa jadi akan sangat beragam, tergantung siapa diri kita, apa bidang pekerjaan kita, ataupun bagaimana pandangan kita tentang sebuah penampilan itu

saya termasuk orang yang sangat tidak peka (kalau tidak mau dikatakan tidak peduli) dengan permasalahan penampilan ini, tapi belakangan lingkungan di sekitar saya memberikan masukan bahwa ternyata saya sangat kurang untuk masalah satu ini dan bahwa ini berimbas atau mengganggu mereka..

pertama saya masih menanggapi dengan lucu, tapi kemudian saya mulai berpikir, apakah sedemikian pentingnya penampilan itu dalam konteks kehidupan kita. mungkin pertanyaannya bukan penting atau tidak penting tapi seberapa dominankah itu mengambil bagian?

sebagian dari saya percaya bahwa penampilan itu mempunyai peranan, tapi mayoritas di dalam pemikiran saya masih berpendapat bahwa penampilan ini bukan key factor untuk menentukan keberhasilan pergaulan, karir, pendidikan, relasi, atau apapun itu dalam kehidupan

kemudian dengan sedikit malu saya tersenyum, kenapa saya begitu mempermasalahkan hal ini yah? apa karena memang sebetulnya penampilan saya tidak menarik sehingga saya harus mati-matian menyangkal hal ini. karena kita akan cenderung menyangkal dan menutupi kelemahan yang ada pada kita..

saya masih tidak tahu... dan saya masih kecewa ketika penampilan mempengaruhi faktor lain yang menurut saya lebih dominan..dalam hal apapun...

tetapi tentu saja saya tidak akan bisa membuat semua kepala lain menganggukkan kepala dengan penjelasan dan reasoning saya ini...

1 comment:

moistamoia said...

penampilanku penting buatku.. buat diriku sendiri maksudku, mas..
hmm.. yang penting, pas aku di depan cermin, dia yang didepanku itu ok bangett.. hehe.. peduli amat pendapat orang (meskipun kadang didengerin juga sih..) :P