Saturday, January 30, 2010

tentang masa depan

mulai dari minggu kemarin sampai minggu ini saya menjalani serangkaian interview di satu perusahaan. cukup melelahkan dan menyita energi karena setiap interview baik secara face to face maupun teleconference dilakukan selama lebih kurang tiga jam dan dalam bahasa inggris. akan tetapi saya tetap menjalaninya karena ini menjanjikan masa depan yang lebih baik untuk saya (at least seperti itulah yang saya pikirkan).

jumat malam kemarin ketika reuni dengan teman-teman sma saya, ada kakak kelas yang bercerita tentang pengalamannya bekerja di salah satu konsultan internasional yang hanya merekrut orang-orang terbaik, demikian secara tidak langsung dia menjelaskan. jam kerjanya pun tidak terbatas dan fokus yang diberikan setiap waktu. akan tetapi dia menjalaninya karena menurut dia ini menjanjikan masa depan yang lebih baik untuknya

siang tadi di kampus ada teman baru yang bercerita bagaimana dia berusaha memulai usaha dengan segala cara. jatuh bangun, di luar pekerjaan dan pendidikannya karena dia tidak mau masa depannya hanya menjadi seorang karyawan biasa.

semua hal di atas mempunyai benang merah lebih pada masa depan kita dalam hal pekerjaan dan penghidupan yang lebih layak. Bagaimana kita mengusahakn itu dengan sebaik mungkin karena kita tidak mau masa depan kita berakhir tidak seperti yang kita cita-citakan. kita mengejar mimpi dan harapan kita sekuat tenaga.

kemudian saya teringat tentang 5 balls theory, 30 second Speech by Bryan Dyson (CEO of Coca Cola)yang diceritakan kepada saya pada waktu itu:
"Imagine life as a game in which you are juggling some five balls in the air.
You name them - Work, Family, Health, Friends and Spirit and you're keeping all of these in the Air.
You will soon understand that work is a rubber ball.
If you drop it, it will bounce back.....
But the other four Balls - Family, Health, Friends and Spirit - are made of glass.
If you drop one of these; they will be irrevocably scuffed, marked, nicked, damaged or even shattered.
They will never be the same.
You must understand that and strive for it.

Sekilas ada sesuatu yang bertentangan dari 5 balls theory itu dengan kejadian2 yang saya ceritakan di atas, tetapi ternyata tidak...
at least dari hasil pemikiran dan permenungan saya itu bisa berjalan berdampingan (saya tidak tahu apakah ini karena saya termasuk dalam penganut aliran jalan tengah yang berusaha untuk meraih semuanya)

kita mengusahakan masa depan kita, dalam segala hal yang kita lakukan sekarang. tidak hanya bagi kita sendiri akan tetapi juga bagi orang-orang tercinta, yang kita kasihi, yang ingin kita bahagiakan.
tekad dan keyakinan itu yang membuat kita bersemangat untuk melakukan apa yang sedang kita tekuni saat ini, dan kesadaran itu membuat kita juga menjaga kesehatan kita karena jika kita tidak sehat maka kita tidak akan mampu meraih apa yang menjadi impian kita. dan teman-teman adalah orang yang berjalan bersama kita, berinteraksi dengan kita dimanapun itu baik di sekolah, di kantor, maupun di lingkungan yang lain. yang mempunyai cita-cita, harapan, dan impian mereka sendiri, yang berjuang bersama kita, berinteraksi dan membantu kita baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai tujuan masing-masing.

jadi masalahnya adalah bagaimana kita menempatkan semuanya secara proper pada tempat masing-masing. saya akan mengatakan bahwa semua hal dalam five balls theory itu penting dan saling berkaitan. kegagalan yang satu akan menyebabkan ketidak sempurnaan yang lain. dan yang harus kita latih adalah bagaimana menempatkan semua itu pada porsi masing-masing dengan benar...

lebih jauh lagi ada satu hal yang saya ingat dari buku how to win the people yang belum selesai saya baca, kita menjadi penting dan berhasil bukan pada saat kita berhasil saja, akan tetapi lebih jauh lagi, bagaimana kita bisa membuat orang-orang di sekitar kita, orang-orang yang berelasi dengan kita berhasil mencapai impian masa depannya. itulah keberhasilan yang lebih besar...

jadi akhirnya, apapun masa depan yang kita impikan, perjuangkanlah itu sebaik mungkin! dengan tanpa mengorbankan hal-hal terbaik yang sudah kita miliki sekarang, yang juga akan menjadi bagian penting dalam keberhasilan masa depan kita nanti.

dan jangan lupa, perjuangan tak pernah dilakukan sendirian, kita butuh orang lain, dan orang lain membutuhkan kita untuk meraih masa depan bersama.

at the end, may god bless us and everyone striving for the best future, to make the dream come true...

No comments: