Monday, August 1, 2011

saat topeng kehidupan tetap harus dikenakan

+ : bolehkah aku bertanya sesuatu padamu?
- : apa yang ingin kau tanyakan?
+ : apakah kalian bahagia?
- : bagaimana menurutmu, kenapa kau tanyakan hal itu?
+ : i don't know. aku hanya merasa kalian tak seperti layaknya pasangan. ada yang terasa aneh menurutku
- : ah itu hanya perasaanmu saja mungkin :)
+ : yah makanya aku bertanya padamu :p

lalu kemudian pembicaraan coba dialihkan...

+ : jawab saja pertanyaanku
- : bagian mana lagi yang harus aku jawab?
+ : apakah perkawinanmu baik-baik saja dan bahagia?
- : aku baik-baik saja. dan perkawinanku akan selalu baik-baik saja
+ : hehehe kenapa nadamu meninggi?
- : tidak, aku berusaha menjawab pertanyaanmu kok
+ : apakah itu benar jawaban yang sesungguhnya?
- : kenapa kau menanyakan hal itu?

+ : karena kita tidak kenal hanya dalam hitungan minggu atau bulan. sudah 15 tahun lamanya. dan aku akan selalu tahu saat dirimu berbohong, saat semuanya sebenarnya tidak baik-baik saja. saat sebenarnya ada yang sedang terjadi
- : itu kan hanya perkiraanmu. diriku baik-baik saja kok, demikian juga perkawinanku
+ : lebih baik kita hentikan saja pembicaraan ini jika kau tidak jujur padaku. seakan aku ini orang lain, sehingga kau tak terbuka padaku. kau tidak perlu menggunakan topeng-topeng norma itu kepadaku. aku tidak pada posisi untuk menyerang atau menghukummu kok
- : bukankah semua perkawinan harus selalu baik?

keheningan yang menyergap..

- : bukankah demikian seharusnya?
+ : aku tidak tahu, aku juga tidak mengerti..
- : yah, seharusnya semua baik-baik saja
+ : kau tahu perbedaan di antara kita kan?
- : iyah aku tahu..
+ : aku menanggalkan topengku
- : semua seharusnya baik-baik saja...

apakah semua topeng harus ditanggalkan dalam hidup ini
memang itu berarti kejujuran, keberanian untuk membuka diri
tapi ternyata itu belum berarti semuanya
dalam nama logika, norma, dan tata nilai
dalam nama kehormatan, dan kestabilan
dalam nama masa depan dan prinsip yang diyakini
dalam banyak nama dan alasan unuk menjustifikasi tentang pilihan

tidak ada yang benar, tidak ada yang salah
tidak ada hak untuk menilai
hitam putih kehidupan
pahit getir perjalanan

silahkan membuka topeng jika memang merasa nyaman
silahkan mengenakannya jika itu memang dibutuhkan

karena terkadang, ini bukan hanya soal topeng-topeng dalam kehidupan
ini lebih dari itu
lebih dalam dari itu...
dan tak ada yang cukup baik dan berhak untuk menilainya
tidak ada...

yang dibutuhkan adalah pelukan, dan dukungan
bahwa sebenarnya tidak ada seorangpun yang sendirian
karena kemiskinan terbesar adalah kesepian dan ternafikan.

.

No comments: